Jangan Lakukan Cara Ini Untuk Atasi Susah BAB

bab

Memiliki pencernaan yang lancar adalah keinginan semua orang, karena tidak semua orang dapat merasakan hal tersebut. Orang yang mengalami susah BAB biasanya mencari jalan cepat dengan mengonsumsi obat pencahar. Sedangkan obat pencahar tidak selamanya baik dikonsumsi. Efek dari obat pencahar secara berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan merusak fungsi normal usus. Selain itu, laksatif tidak selalu menyelesaikan masalah pokok sembelit dan dapat memperparah kondisi dalam jangka panjang.

Selain obat pencahar, berikut beberapa hal yang tidak baik dilakukan jika susah BAB:

  1. Menunda BAB

Menahan diri untuk buang air besar dapat menyebabkan tinja menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Hal ini dapat memperparah kondisi sembelit karena membuat rektum kehilangan sensitivitas dan kemampuan untuk merespons secara alami.

  1. Kurang Minum Air

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat feses menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan. Minum air yang cukup membantu melunakkan tinja dan memfasilitasi proses buang air besar.

  1. Konsumsi Rendah Serat

Serat adalah kunci untuk pencernaan yang sehat. Mengonsumsi makanan yang rendah serat dapat menyebabkan susah BAB. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan dalam pola makan.

Baca juga:  Boleh Makanan Enak dengan Serat yang Tinggi

Jika ingin pencernaan lebih lancar tanpa drama, diperlukannya konsumsi sayur dan buah secara rutin. Kenyatannya, Kementerian Kesehatan menganjurkan orang dewasa untuk mengonsumsi asupan serat harian sebanyak 25-30 g. Namun nyatanya, hampir 90% orang dewasa Indonesia masih belum mampu mencukupi serat tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dapat dibantu lengkapi dengan suplemen tinggi serat. Salah satu suplemen tinggi serat yang sering diandalkan adalah FibreFirst yang memiliki izin BPOM sebagai suplemen kesehatan (SI) yang pastinya aman dikonsumsi setiap hari.

Kandungan utamanya adalah inulin, oat fibre, spirulina, psyllium husk, ekstrak sayur dan buah asli. FibreFirst menggunakan pemanis alami dari stevia, sehingga rendah kalori (29 kalori/saset).

Baca juga:  5 Rekomendasi Suplemen Kesehatan Peningkat Sistem Imun

Pencernaan yang sehat juga dapat membuat kualitas hidup lebih baik. Pencernaan juga menjadi salah satu faktor terbesar dalam kesehatan secara menyeluruh. Maka dari itu, lebih baik perhatikan lagi pola makan agar mendapatkan pencernaan yang lebih baik.

Untuk info selengkapnya mengenai suplemen tinggi serat FibreFirst, cek disini. Dapatkan suplemen FibreFirst di supermarket terdekat atau e-commerce terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *