Pengaturan Pola Makan 5-6x Sehari Untuk Menurunkan Berat Badan

pengaturan pola makan

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, maka sebaiknya Anda makan dengan frekuensi lebih sering. Porsi diperkecil dan frekuensi yang lebih tinggi ini akan membuat metabolisme tubuh Anda akan lebih aktif, sehingga pembakaran lemak akan terjadi.

Berikut adalah contoh pola makan dengan porsi lebih sering dengan kalori lebih rendah:

Sarapan (7.00)

1 Omelet telur atau telur rebus

2 potong roti gandum utuh/ 1 cup oatmeal

 

Snack Pagi:  (10.00)

1 buah apel/jeruk/pir

 

Makan Siang (13.00)

1 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh

1 cup nasi coklat (brown rice)/ nasi merah

1 cup sayuran

 

Snack Siang (16.00)

1 potong roti gandum utuh/ ½  cup oatmeal

1 potong ikan/daging panggang

 

Makan Malam:  (19.00)

 1 ons dada ayam/ikan/daging sapi utuh

 1 cup sayuran

 

Sebelum Tidur  (21.00)

Susu Tinggi Protein (rendah lemak dan rendah gula)

 

Anda bisa lihat dari menu contoh tersebut bahwa Anda tidak mengurangi konsumsi ikan, ayam dan daging. Protein di dalam ayam, ikan, dan daging tidak akan membuat Anda gemuk. Yang perlu diwaspadai adalah konsumsi gula dan karbohidrat yang terlalu banyak.

 

Perlu diperhatikan, beberapa orang tidak bisa mengikuti jam-jam pola makan yang saya berikan. Saya ingin menggarisbawahi bahwa jam yang saya tulis disini hanyalah sebagai patokan saja. Boleh disesuaikan dengan kondisi Anda karena kegiatan sehari-hari tiap-tiap orang pasti berbeda kan:)

 

Yang paling penting adalah bahwa dengan makan ‘lebih sering’ maka tubuh Anda akan aktif mencerna. Proses mencerna yang sering ini yang akan mengaktifkan kembali metabolisme tubuh Anda.

 

Beberapa orang bertanya kepada saya bahwa mereka tidak lapar koq disuruh makan? Saya mengatakan bahwa, tidak lapar itulah bukti bahwa metabolisme tubuh memang lambat dan itu yang harus diubah, dipercepat supaya pembakaran lemak terjadi.


 

Comments are disabled