Cara Mengatasi Kelelahan Tubuh dan Meningkatkan Konsentrasi Kerja

meningkatkan konsentrasi

Bagi Anda seorang profesional muda, menjalani segudang kegiatan serta banyaknya tanggung jawab pekerjaan nampaknya sudah menjadi rutinitas harian. Terutama bagi para eksekutif muda, tuntutan untuk sentiasa aktif dan siap dengan segala bentuk tantangan dunia pekerjaan adalah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan.

Memang semua beban pekerjaan tersebut merupakan prasyarat yang tak mudah bagi anda yang ingin mencapai puncak tangga kesuksesan karir. Namun disisi lain, ada hal yang juga harus menjadi prioritas utama para eksekutif dan profesional muda disamping usaha keras menyelesaikan tanggung jawab yang ada. Hal tersebut adalah menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

Anda tentunya tidak bisa melupakan bahwa menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan fit merupakan salah satu faktor mutlak agar anda bisa meraih apa yang anda impiankan. Dengan kondisi badan yang fit, segala pekerjaan pun bisa dilaksanakan dengan baik dan maksimal.

Dengan makin beragamnya beban kerja yang anda harus kerjakan, tidak jarang kita akan mudah lelah dan berujung pada menurunnya kondisi tubuh. Tentunya Anda tidak mau jika pekerjaan serta tanggung jawab anda terbengkalai karena sedang tidak fit dan kelelahan pada tubuh yang berlebihan.

Kelelahan memang telah menjadi momok yang cukup mengkhawatirkan bagi para profesional muda yang memiliki deadline kerja padat. Selain pekerjaan, nyatanya sumber kelelahan lain seperti tekanan mental saat bekerja juga telah menjadi penyebab utama timbulnya kelelahan tubuh. Dan efek dari kelelahan tubuh yang paling mengganggu tentu hilangnya konsentrasi anda saat bekerja yang bisa menyebabkan semua pekerjaan anda terganggu bahkan tidak terselesaikan dengan baik.

5-tips-makan-agar-anda-tidak-mengantuk-saat-di-kantor

Mengenal Konsep Kelelahan Kerja

Pada dasarnya konsep dari terjadinya kelelahan kerja disebabkan oleh 2 faktor utama yaitu beban kerja fisik dan beban fikiran. Kedua faktor utama tersebut saling mempengaruhi satu sama lain dan dapat menyebabkan kelelahan pada seseorang.

Mengenai faktor pertama yaitu beban kerja fisik, semuanya dipengaruhi oleh kontraksi otot yang digunakan manusia dalam setiap pekerjaan. Baik ketika anda sedang duduk, mengetik tugas kantor, pergi meeting dan segala aktivitas kantor yang lain merupakan hal-hal yang mengandalkan kinerja otot-otot yang ada dalam tubuh anda. Ketika melakukan pekerjaan, otot akan berkontraksi terus menerus . Dan jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama maka secara otomatis tubuh akan melepaskan beberapa jenis sisa metabolisme tubuh.

Salah satu jenis sisa metabolisme tubuh yang banyak dikeluarkan akibat dari  kontraksi otot adalah asam laktat. Asam laktat sendiri merupakan jenis senyawa jenuh yang dapat bereaksi secara aktif jika terlepas dalam tubuh. Berikutnya asam laktat perlahan akan mulai terlepas dan menumpuk di daerah otot tubuh kita. Kelebihan asam laktat tersebut akan menyebabkan terhalangnya oksigen yang seharusnya disampaikan keseluruh tubuh oleh darah.

Dari sinilah kelelahan tubuh akan mulai tercipta, oksigen yang merupakan asupan bagi tubuh agar tetap merasa segar dan bisa bekerja dengan baik kini terhalang oleh adanya asam laktat. Dan pengaruhnya fungsi kerjan ototpun akan mulai menurun dan menyebabkan seseorang merasa kelelahan.

Disamping faktor beban kerja fisik, seperti yang telah dijelaskan diatas faktor lain yang mempengaruhi kelelahan seseorang adalah beban fikiran. Beban fikiran nyatanya menyumbangkan pengaruh yang amat besar bagi seseorag hingga mengalami kelelahan. Dalam beberapa referensi medis, beban fikiran dapat dikaitkan dengan istilah kelelahan otak atau kelelahan psikologis. Namun secara umum kelelahan otak tersebut juga merupakan hal yang berhubungan kelelahan fisik.

Bahkan disebutkan juga sumber kelelahan terbesar justru lebih disebabkan karena kelelahan otak dibanding kelelahan fisik. Terutama bagi anda para professional dan eksekutif muda, selain fisik yang selalu dituntut aktif nyatanya tidak jarang otak juga harus diperas untuk memikirkan berbagai hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Suasana kerja yang terkadang tidak kondusif, hubungan dengan rekan kerja serta atasan anda juga merupakan hal yang berpengaruh pada keadaan otak. Tak pelak, kelelahan pun akan mudah menyerang anda dalam kondisi tekanan fikiran yang berlebih.

Menjaga Konsentrasi Pikiran Untuk Hasil Kerja Yang Lebih Maksimal

Konsentrasi dalam melakukan pekerjaan merupakan hal sangat penting. Dengan konsentrasi yang prima, pekerjaan pun dapat dituntaskan dengan lebih baik dan maksimal. Namun bagaimana jadinya jika anda tidak bisa mendapatkan konsentrasi yang cukup karena kelelahan yang menyerang?

Konsentrasi memang sangat erat hubungannya dengan kondisi tubuh. Dan dalam hal ini, keadaan tubuh yang lelah secara otomatis akan menurunkan bahkan menghilangkan konsentrasi anda. Padahal sebagai seorang eksmud atau professional muda, anda selalu dituntut siap dalam keadaan seperti apapun. Meeting yang mendadak, presentasi klien dan banyak tanggung jawab lainnya membutuhkan konsentrasi yang tidak sedikit.

Bagi anda yang ingin senantiasa terjaga kondisinya dari kelelahan ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan yaitu diantaranya menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga dan mengatur pola makan. Namun dengan keadaan jam kerja yang padat, kini para profesional muda diharuskan lebih cermat untuk mencari solusi yang lebih simple, mudah, dan efektif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu alternatif yang bisa anda ambil adalah dengan mengkonsumsi suplemen makanan yang dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuh.

Suplemen Makanan yang Tepat dan Efektif Menjaga Kondisi Tubuh

Suplemen makanan yang mengandung bahan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Terkait dengan masalah kelelahan, mengonsumsi produk supelemen yang tepat dapat menjaga agar tubuh anda selalu fit dan siap bekerja dengan maksimal. Efeknya, konsentrasi pikiran yang primapun akan anda dapatkan.

Dalam mengkonsumsi suplemen makanan yang tepat anda harus memperhatikan tidak hanya dari keefektifitasannya namun juga kualitas serta keamanan dari produk tersebut.

E Plus (US/EN)

Isagenix e+ Energy Drink dapat membantu anda menjaga daya tahan tubuh serta menghindarkan diri dari resiko kelelahan tubuh yang berlebihan.

e+ merupakan penambah tenaga kaya rasa yang secara ilmiah didukung oleh campuran tanaman yang diformulasi untuk meningkatkan energi selama berjam-jam.

Dengan memasukkan bahan kandungan, e+ juga dapat mengobarkan performa atletis dan mendukung kejernihan mental tanpa penggunaan pewarna, pemanis, atau penambah rasa seperti yang ditemukan dalam berbagai minuman energi lain.

  • Penambah energi yang bertahan lama
  • Menunjang kejernihan mental dan konsentrasi
  • Meningkatkan performa saat berolahraga dan memulai aktivitas Anda 
  • Mengoptimalkan kemampuan tubuh menangkal stres
  • Mengandung sumber kafein alami dari teh hijau yang kaya antioksidan dan tanaman yerba mate.
  • Memelihara energi tinggi selama aktifitas seharian atau performa atletik kompetitif. 
  • Hanya 28 kalori per sajian

Tanpa bahan kimia berbahaya yang menguras tenaga dan menimbulkan kegelisahan. e+ adalah cara alami untuk mengembalikan tenaga dan mengembalikan semangat.

Orang yang membutuhkan pemulih semangat di pagi hari atau siang hari atau atlet yang ingin meningkatkan performa dapat mengambil manfaat dari e+ karena kemampuannya meningkatkan energi fisik dan mental dengan energi yang diperoleh dari sumber kafein alami.

drink e+

Pertanyaan Umum e+

  • Mengapa saya harus mengonsumsi e+ ? e+ memberi tubuh Anda tambahan tenaga secara alami. e+ bebas dari kadar gula tinggi dan tidak mengandung pemanis, perisa, dan pewarna buatan. Bahkan kafein di dalam e+ diperoleh dari sumber alami teh hijau dan yerba mate, dan bekerja sinergis dengan campuran sari tumbuh-tumbuhan Adaptogenik kami untuk memberikan tambahan tenaga dan meningkatkan performa fisik.
  • Apa saja manfaat dari e+? e+ memberikan peningkatan energi yang cepat dan bertahan lama tanpa menimbulkan efek kehabisan tenaga seperti pada minuman energi tradisional. Minuman yang dikemas dengan baik ini berkhasiat untuk menunjang kejernihan mental dan konsentrasi sekaligus meningkatkan performa atletik fisik selama berolahraga, e+ juga membantu mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan stres sepanjang hari.
  • Bagaimana aturan minum e+? e+ dikemas dengan baik untuk dikonsumsi saat bepergian dalam sekali minum. Minumlah e+ di pagi hari, sebelum berolahraga, atau kapan pun selama sehari ketika membutuhkan peningkatan energi yang cepat.
  • Siapa yang boleh mengonsumsi e+? e+ baik bagi siapa pun yang berusia minimal 16 tahun yang membutuhkan tambahan energi cepat dan segar sepanjang hari untuk peningkatan olahraga atau sekadar mengembalikan gairah kerja di tengah kesibukan siang hari.

Berikut ini video dari produk Isagenix e+ energy drink yang bisa menjadi rujukan bagi Anda.

 

– See more at: http://kisyanto.isagenix.com/id-ID/products/categories/individual-items/e-plus#sthash.pnXcFEZf.dpuf

 

Comments are disabled