Apakah Anda Ingin Hidup Sehat dan Bugar Hingga 100 Tahun Bahkan Lebih?

 

10 Resep Pola Makan dan Nutrisi yang Bikin Panjang Umur:

1. Makan Lebih Sedikit, Hidup Lebih Lama

makan lebih sedikit

Hasil analisa, pola makan sekitar seratus orang berumur seratus tahun dan menemukan bahwa kebanyakan dari mereka hidup di lingkungan sederhana. Mereka makan lebih sedikit dari yang biasa orang makan, dan beberapa orang sering berpuasa karena mereka miskin dan tidak mempunyai makanan. 

Kebanyakan dari orang berumur seratus tahun yang disurvei di berbagai belahan dunia melakukan aturan “tiga perempat”: mereka berhenti makan saat perut mereka sudah tiga perempat penuh. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pengurangan asupan kalori pada binatang dapat meningkatkan harapan hidup. 

Mengapa hal tersebut tidak bisa berlaku juga pada manusia?

 

2. Porsi Kecil Lebih Sering

porsi kecil lebih sering

Mengisi tubuh kita dengan makanan tiga kali sehari adalah perilaku budaya, bukan kebutuhan biologis. Sebaliknya, makan dengan porsi kecil empat sampai lima kali sehari mengantarkan aliran nutrisi, gula darah, dan energi yang tetap ke tubuh kita sepanjang hari. Selain mengurangi beban bagi pencernaan dan sistem metabolisme, porsi kecil juga dapat mencegah perut kepenuhan dan penumpukan kotoran. 

Keuntungan lainnya: membagi asupan kalori dengan cara ini juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

 

3. Makan Bagai Raja di Siang Hari, Bagai Rakyat Jelata di Malam Hari

makan siang

Ingatkah Anda dengan pepatah: “Anda adalah apa yang Anda makan?” Pepatah lain yang sama benarnya adalah Anda adalah kapan Anda makan.

Tubuh manusia mempunyai ritme circadian (ritme harian metabolisme tubuh). Hal ini berarti makanan yang sama yang dimakan saat sarapan atau makan siang diproses secara berbeda jika dimakan saat makan malam. Penelitian membuktikan bahwa jika Anda memakan protein dan lemak di saat sarapan, Anda cenderung dapat mengurangi berat badan dan menambah energi. 

Di lain pihak, jika Anda memakan makanan yang sama saat makan malam, Anda cenderung menambah berat badan Anda, menaikkan tekanan darah, dan dapat menyebabkan penyakit jantung.

 

4. Vegetarian di Hari Kerja, Karnivora di Akhir Minggu

vegetarian

Secara umum, lebih sedikit vegetarian yang menderita penyakit merusak dan kanker jika dibandingkan dengan karnivora. Diperkirakan sepertiga dari seluruh penderita kanker mendapatkan penyakitnya karena kurangnya jumlah serat dalam makanan mereka. 

Bukan berarti Anda tidak boleh makan daging sama sekali untuk berumur panjang. Mengurangi asupan dengan hanya makan daging di akhir minggu dapat menjadi solusi sempurna untuk mencapai keseimbangan dan kesehatan Anda.

 

5. Tetap Hidup: Berhenti Mengkonsumsi Makanan Mati

makanan mati

Pernahkah Anda mempertanyakan dari apa sebenarnya Wonder Bread terbuat, atau sudah seberapa jauh jarak yang ditempuh oleh daun selada yang Anda makan? Tidak ada yang lebih baik dari makanan segar organik untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hidup Anda. 

Hasil pertanian segar dan daging yang langsung Anda dapatkan dari sumbernya lebih baik karena lebih sedikit nutrisi yang terbuang. Banyak makanan yang ada di supermarket sudah dipetik atau dipotong berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan sebelum diletakkan di rak supermarket. 

Barang-barang ini telah diawetkan dengan nitrogen atau zat buatan lainnya untuk membuat mereka terlihat segar. Terlebih lagi, makanan yang dirawat dengan pestisida dan bahan penyubur buatan lainnya mempunyai nilai nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan yang dikembangkan secara organik.

 

6. Ubi Manis dan Ketela: Tidak Hanya Untuk Liburan

ubi manis

Makanan ini mengandung beta-karoten dan vitamin C yang lebih tinggi dibanding wortel, lebih banyak protein dibanding terigu dan nasi, dan lebih banyak serat dibanding gandum. Ubi manis dan ketela juga terbukti kaya akan DHEA (dehydroepiandrosterone).

Ini adalah hormon prekursor – sebuah senyawa yang tetap terpendam hingga berubah menjadi hormon yang diperlukan tubuh. DHEA dapat berubah menjadi estrogen, progesteron, atau testosteron. Semua unsur penting yang dapat membantu pertahanan anti-penuaan dalam tubuh Anda. 

Bagaimanapun, tingkat hormon prekursor dalam tubuh akan menurun secara drastis saat seseorang bertambah tua. Makanlah ubi manis dan ketela sepanjang tahun dan nikmati umur panjang Anda!

 

7. Garam Berkurang, Tahun Bertambah

garam

Semua pelaut tahu garam dapat mengawetkan makanan. Itulah yang mereka gunakan untuk persediaan makanan mereka saat akan melakukan pelayaran yang panjang. Namun garam tidak dapat mengawetkan kesehatan kita. 

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan asupan garam setara dengan peningkatan resiko penyakit kanker perut, usus, dan kandung kemih. Sebagai tambahan, sodium juga telah lama diimplikasikan dengan gangguan-gangguan kesehatan kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan osteoporosis. Gunakan bumbu penyedap lain seperti cuka, bawang putih, tumbuhan herbal dan rempah-rempah lain sebagai pengganti garam.

 

8. Pesta Teh Bermanfaat Bagi Semua Tamu

teh

Kesaksian selebriti semua baik dan bagus, namun tak ada yang dapat melebihi yang ini: teh adalah minuman yang paling dinikmati oleh orang berumur seratus tahun di seluruh dunia. Teh mengandung zat anti radikal bebas yang lebih kuat dibanding vitamin E. 

Dan teh juga terbukti dapat mencegah dan mengobati atherosclerosis (pengerasan arteri). Zat polifenol di dalam teh, terutama catechins, merupakan antioksidan yang dapat mencegah diabetes dan kanker.

 

9. Jahe Pemberi Semangat

jahe

Di dunia barat, jahe dikenal dengan kandungan antinausea-nya. Jahe mungkin tumbuhan yang paling sering digunakan sebagai obat di dunia.

Bangsa China menggunakan jahe baik sebagai obat maupun bumbu masak, terutama saat memasak seafood, karena dapat bekerja sebagai detoksifikator untuk mencegah keracunan. Selain kemampuan terkenalnya untuk mengatasi penyakit pencernaan, jahe juga terbukti mengandung geraniol, zat yang dapat memerangi kanker.

Jahe juga mengandung zat anti-peradangan yang dapat meredakan rasa sakit, mencegah penggumpalan darah, dan sakit kepala sebelah (migrain). Sejak jaman dahulu kala, dokter-dokter China telah mengkonsumsi teh jahe secara teratur untuk menjaga vitalitas mereka.

 

10. Satu Siung Bawang Putih Setiap Hari

bawang putih

Bahan lezat yang membumbui masakan Italia ternyata tidak hanya merangsang selera makan Anda saja. Penelitian menunjukkan bahwa allicin, zat yang terkandung dalam bawang putih, dapat mencegah atehrosclerosis dan penyumbatan koroner. Dapat menurunkan kolesterol, mengurangi penggumpalan darah, merangsang sel otak, mengontrol gula darah, dan mencegah kanker.

Sebagai anti bakterial, bawang putih biasanya digunakan untuk mengobati infeksi minor. Untuk mengatasi baunya yang menyengat, Anda dapat memakan permen penyegar nafas setelah mengkonsumsi bawang putih.


banner dietcepat


 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Mohon kesediaannya untuk kasih komentar positif dan klik Like serta sharing di bawah ini. Makasih banyak ya :).

 

2 Responses to “Apakah Anda Ingin Hidup Sehat dan Bugar Hingga 100 Tahun Bahkan Lebih?”

  1. Terima kasih atas artikelnya Pak Kisyanto. Menambah pengetahuan saya mengenai cara hidup sehat. Mulailah hidup sehat sekarang.

  2. admin says:

    Thx sudah berkunjung ke Blog SolusiDietSehat.com. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam Sehat dan Panjang Umur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *